Tips Uang Gaji Tidak Cepat Habis

Pringsewu Resto > Tips > Tips Uang Gaji Tidak Cepat Habis
Tips Uang Gaji Tidak Cepat Habis

Tahun berganti, resolusipun juga berganti, juga demikian degan keuangan kita yang harus kita ubah, apalagi jika masalah save money (menanbung). Sering kali saat kita menabung, kegagalan timbul karena sebuah keinginan tiba-tiba yang datang. Akhirnya tabungan kita ludes seketika dan menyesal kemudian, berikut cara ampuh agar keuangan kita tidak cepat habis di tahun 2020 :

1. Buatlah Agenda Keuangan

Sering kali cara ini disepelekan, merasa tanpa agenda pun kita bisa menabung. Namun nyatanya tanpa ada agenda keuangan kita tadi tidak terarah. Buatlah agenda di buku atau note ponsel. Misal bulan ini kita akan membayar apa saja, kebutuhan apa saya yang harus kita beli, dan berapa yang harus ditabung. Setelah membuat agenda, usahakan kita tidak tergiur dengan hal – hal di luar agenda tersebut.

2. Mendisplinkan Diri
Mendisplinkan diri disini bukan harus bekerja seperti tentara yah, tapi dispilin agar kita tidak harus membeli keinginan yang tiba-tiba. Misal sedang membuka sosial media kita lalu ada barang yang bagus langsung beli, sedang beli kebutuahn bulanan di mall lalu ada diskon kosmetik beli. tapi lebih ke jangan membeli barang-barang yang tidak benar-benar dibutuhkan. ingat bahwa jikapun keinginan kita 99% tidak terpenuhi tapi ada 1% kebutuhan kita yang terpenuhi kita maish bisa hidup. jadi displin yah

3. Buat lah 2 atm tambahan
Pasti kita bertanya-tanya kenapa kita harus membuat 2 atm tambahan? 2 atm disini untuk menabung. Jika kita hanya memiliki 1 atm utama, yang ada kita selalu tergiur untuk mengambil uang di atm itu hingga saldonya habis. Jadi buatlah atm baru untung menabung untuk investasi masa depan, dan satu atm lagi untuk dana cadangan. masing-masing diberi 10 % dari gaji, misal gaji kita 2,5 juta berarti satu atm 250 k dan satunya 250 k. dana ini tidak boleh diambil meski atm utama sudah habis. atm yang berisi dana cadangan bersifat bisa diambil jika terjadi bencana atau kecelakaan, sehingga selain keadaan itu ya tidak boleh sama sekali disentuh.

4. Bergaya hidup lah sesuai gaji
Hayoo siapa nih diantara kita yang sering bergaya tapi tidak sesuai gaji? gaji masih umk tapi gajianya bagaikan bos? hayoo ngaku. memang sih menjadi bos dambaan semua orang tapi sering kali kita lupa diri bahwa, uang di dompet tidak mencukupi gaya hidup. So stop menghambur-hamburkan uang hanya untuk bergaya wow didepan teman yah.
Jadi tabunglah uang kita untuk masa depan yang cerah, jika bukan kita yang berusaha hari ini masa depan kita akan jadi apa nanti..

Categories

Archive