Pringsewu resto dan Palang Merah Indonesia Gelar Donor Darah

Pringsewu Resto > CSR > Pringsewu resto dan Palang Merah Indonesia Gelar Donor Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Banyumas gandeng Jaringan resto Pringsewu diarea Purwokerto untuk adakan Kegiatan donor darah. Kegiatan sosial ini digelar pada hari senin, 13 April 2020 bertempat di Oemah Daun Resto di jalan Wahid Hasyim 101 – 103 Purwokerto. Kegiatan ini dibuat 2 sesi yaitu  sesi pertama dimulai pukul 09.00 – 10.30 khusus bagi karyawan Pringsewu dan sesi kedua dimulai pukul 10.30 – 13.00. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengurangi berkumpulnya pendonor dalam jumlah yang banyak.  PMI saat wabah Corona COVID-19 tetap melakukan pengumpulan darah dalam rangka memenuhi kebutuhan darah.   saat ini yang menjadi tantangan adalar turunnya minat pendonor untuk mendonorkan darahnya serta tetap aman dan sehat Setelah mendonorkan darah.  

“Ada pemeriksaan khusus secara ketat yang berbeda dari hari-hari biasa. PMI melakukan antisipasi dalam upaya pencegahan penularan COVID-19 ini pada kegiatan donor darah,” Ada prosedur aman yang harus dipatuhi untuk calon pendonor sebelum pengambilan darah berlangsung.

a. Melakukan pemeriksaan suhu tubuh calon donor
Jika suhu tubuhnya calon donor kurang dari 37,5 derajat Celsius, maka donor akan diberikan Formulir Self Assessment dan formulir donor. Self assessment untuk menjamin calon donor aman dari COVID-19,”.

Formulir self assessment berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab calon pendonor. Contohnya, apakah merasakan gejala gangguan saluran pernapasan dan riwayat kesehatan lain.
Jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat Celsius dapat ditolak. Calon donor tidak dapat melanjutkan donor.

b. Menerapkan pembatasan interaksi fisik (physical distancing)
Pembagian waktu donor dan penempatan salon pendonor dalam jara ini tampak dari calon pendonor yang duduk tidak berdekatan. Saat duduk di kursi antrean yang memanjang, ada jeda satu hingga dua kursi yang kosong.

Selanjutnya, pada kursi panjang tempat pendonor mengambil darah, dilakukan pembersihan desinfeksi dengan mengelap. Demi menerapkan pembatasan fisik, disediakan ruang tambahan untuk pengambilan darah.

Kursi ditata dengan jarak 1 sampai 2 meter. Ruangan pun dilakukan desinfeksi sebelum kegiatan dan Setelah kegiatan donor dilakukan.

c. Tempat cuci tangan dan hand sanitizer

Dari segi kebersihan pribadi, di ruangan donor darah tersedia tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Pendonor dan petugas dapat membersihkan tangan mereka sehingga terjaga sterilisasinya. 

Bila anda sehat, ingin membagikan setetes darah bagi kemanusiaan dan sekaligus memeriksakan diri apakah kita dalam kendisi sehat atau tidak.  Ingat donor darah bagi kemanusiaan ingat Donor Darah tanggal 13 april 2020 jam 09.00 – 10.30, untuk umum pmulai jam 10.30 – 13.00. Tempat kegiatan di  di Oemah Daun Resto jalan Wahid Hasyim no. 101-103 Purwokerto.

 

Categories

Archive