Pringsewu Baturraden Gelar Even Donor Darah

Pringsewu Resto > Event > Pringsewu Baturraden Gelar Even Donor Darah

Pringsewu Baturraden gelar even Donor Darah pada 04 September 2020. Even rutin kemanuasiaan ini digelar dalam rangka hari Pelanggan  4 September 2020. Gawe donor darah ini berhasil dikumpulkan 41 kantong darah. Rangkaian kegiatan donor darah di Pringsewu Baturraden ini rutin digelar tiap 3 bulan di Pringsewu. Kegiatan ini diikuti oleh beragam kelompok masyarakat di baturraden, organisasi sosias kemasyarakatan tidak ketinggalan ikut ambil peran serta. 

Saat donor darah selama pandemi corona ini tetap mengacu pada penerapan protokol kesehatan covid 19.

Saat datang ke tempat donor kita akan cek kesehatan mulai dari pengisian form, cek tensi, cek HB dan kondisi kesehatan pra donor.  Ada fakta bahwa Anda merasa lelah dan sakit setelah mendonorkan darah hanyalah perasaan sementara. Namun, dalam jangka panjang, ada beberapa manfaat kesehatan yang serius dari mendonorkan darah, dengan yang utama adalah menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh Anda.

Usia donor darah harus antara 18-60 tahun dan beratnya harus lebih dari 45 kg untuk dapat mendonorkan darah. Seseorang harus menunggu selama 56 hari atau 8 minggu untuk kembali melakukan donor darah. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah membantu menjaga kadar zat besi dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular dan juga membantu menjaga irama jantung Anda. Kadar zat besi dalam pengawasan melalui donor darah, membantu mengurangi risiko mengembangkan penyakit jantung.

2. Mencegah Hemochromatosis

Salah satu manfaat kesehatan utama dari mendonorkan darah termasuk mengurangi risiko hemochromatosis. Ini adalah kondisi kesehatan yang timbul karena penyerapan zat besi yang berlebihan oleh tubuh.

Kondisi ini disebabkan oleh alkoholisme, anemia, dan gangguan lainnya. Donor darah secara teratur akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh.

3. Mengurangi Risiko Kerusakan Hati

Ketika tingkat zat besi dalam tubuh Anda berlebihan, itu meningkatkan risiko gagal hati dan kerusakan pada pankreas. Karenanya, mendonorkan darah membantu menghilangkan zat besi tambahan; dan ini, pada gilirannya, membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

4. Mengelola Tekanan Darah

Salah satu manfaat penting lain dari mendonorkan darah adalah dampaknya dalam mengendalikan tingkat tekanan darah tinggi. Ketika Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat itu baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Merangsang Produksi Sel Darah

Salah satu manfaat kesehatan sentral lainnya dari donor darah adalah membantu menstimulasi produksi sel darah baru, yang menebus kehilangan darah dan dengan demikian membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

6. Membakar Kalori

Menurut University of California, seseorang dapat membakar sekitar 650 kalori per donasi satu liter darah [10]. Donor darah biasa menurunkan berat badan saat dalam proses dan ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami obesitas dan berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya.

Saudara ingin donor secara rutin, segera hubungi cabang Pringsewu terdekat. atau saudara ingin mendonorkan darah bersama komunitas, segera kontak cabang Pringsewu terdekat.

Categories

Archive