Memotong Daging Supaya Cepat Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Pringsewu Resto > Menu & Resep > Memotong Daging Supaya Cepat Empuk dan Bumbunya Meresap Sempurna

Teknik Memotong Daging Kurban: Searah atau Melawan Serat sih Biar ...Beberapa hari kedepan akan datang even ibadah qurban, saat itu umat yang merayakan akan memberi korban daging kurban, Beragam daging qurban seperti sapi, kambing dan domba. Saat itu kita sering dihadapkan pada sulitnya mengolah daging tersebut. Pengolahan daging yang baik dimulai dari bagaimana cara memotong daging yang benar. Potongan daging yang benar akan menciptakan daging yang lezat dan memudahkan saat dimasak.

Cara memotong daging yang benar adalah melihat serat daging. Seperti apakah cara memotongnya :

1. Dipotong Melawan Serat

Jika ingin membuat hidangan daging untuk anak-anak yang masih sulit mengunyah, cobalah memilih daging has dalam (tenderloin). Daging jenis ini bertekstur empuk. Memasaknya pun akan lebih cepat dan empuk hingga tidak menyita waktu Anda.  Nah, untuk memasak hidangan daging bertekstur empuk seperti ini, memotong daging harus melawan serat.

Tujuannya adalah membuat serat lebih pendek sehingga mudah untuk dikunyah. Seumpama kita makan mi, akan jauh lebih mudah dikunyah bila mie-nya pendek-pendek.

Karena itulah cara memotong melawan serat ini sangat cocok untuk daging yang diolah jadi steak dan tumisan.

2. Dipotong Searah Serat

Meski daging sebaiknya dipotong melawan serat agar empuk, ada masakan tertentu yang justru harus menggunakan daging yang potongannya searah dengan serat.  Masakan ini umumnya adalah masakan yang harus diolah lama.
Contoh masakan yang membutuhkan potongan daging searah serat di antaranya adalah rendang, dendeng batokok, pindang serani, dan empal.

Masakan yang kelak dagingnya harus disuwir seperti abon atau daging suwir juga menggunakan potongan daging jenis ini.  Pilihan daging untuk empal adalah daging sengkel.  Daging ini terbungkus lapisan-lapisan putih yang melindungi daging sehingga tidak akan hancur kalau lama dimasak.  Sementara itu, untuk rendang, gunakan daging gandik atau has luar.

Itulah cara memotong daging sapi yang pas untuk aneka hidangan.  Searah atau melawan arah serat daging, ternyata itu semua bergantung kepada masakannya.  Untuk resep aneka masakan daging, tengok saja website kesayangan Anda ini.

 

27
Jul
2020

Categories

Archive