Benarkah Tidur Siang Saat Puasa Bawa Berkah

Pringsewu Resto > Tips > Benarkah Tidur Siang Saat Puasa Bawa Berkah

Tahukah Sobat manfaat tidur siang saat puasa dapat memberikan dampak baik untuk tubuh. Jika memungkinkan, ambil waktu sejenak untuk tidur siang singkat. Hal ini dapat membantu kelancaran puasa kamu setiap harinya dan membuat badan tetap bugar.  Menyempatkan tidur siang tidak lebih dari 30 menit setiap harinya saat puasa. Jangan sampai tidur siang terlalu lama karena dapat memberikan efek buruk pada tubuh.  Apa saja manfaat tidur siang :

  1. Memperbaiki Mood, Kurang tidur selama puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. kamu menjadi lebih mudah lelah dan marah. Kalau sering uring-uringan seperti ini, luangkan waktu untuk tidur siang singkat selama 15-30 menit. Tidur siang membantu mengembalikan sistem tubuh dan hormon neuroendokrin kembali ke tingkat normal, Sehingga mood tetap terjaga.
  2. Mengurangi Stres, Saat mengantuk, kadar hormon kortisol akan naik. Hormon ini berfungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Jadi, saat kadar kortisol meningkat, stres yang kamu rasakan juga semakin besar.  Banyak kerugian yang kamu dapatkan pada tubuh saat stres, salah satunya menjadi lebih mudah jatuh sakit. Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.
  3. Memperkuat Memori, Manfaat tidur siang saat puasa berikutnya adalah dapat memperkuat memori. Sebuah tim ahli neuropsikologi Jerman menemukan bahwa tidur setelah mempelajari sesuatu dapat membuat informasi ingatan lima kali lebih baik daripada jika kamu tetap terjaga sesudahnya. Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.
  4. Meningkatkan Konsentrasi, Manfaat tidur siang saat puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi. Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya. Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

Saatnya menjaga keseimbangan antara ibadah dan duniawi, jasmani dan rohani, beraktifitas dan istirahat. Bila memungkinkan tak ada salahnya ambil waktu sejenak untuk tidur siang. Tidur siang bawa berkah.

Categories

Archive