Asal Nama 5 Jari

Pringsewu Resto > Tips > Asal Nama 5 Jari

Setiap jari yang kita miliki punya nama masing-masing. Mungkin ada yang pernah bertanya-tanya bagaimana asal muasal penamaan tersebut.  Jempol atau yang disebut ibu jari misalnya, apakah memang jari tersebut menjadi ibu dari semua jari?  Bila dirunut lebih jauh, penamaan ini berkaitan dengan perkembangan bahasa. Untuk menjawab pertanyaan itu, simak ulasan asal muasal nama jari seperti dirangkum dari Mental Floss berikut ini.

1. Jempol atau ibu jari (thumb)

Bentuk jempol lebih lebar dan lebih pendek dibanding jari lain. Jempol juga hanya memiliki dua ruas, berbeda dengan jari lain yang mempunyai tiga ruas. Pemberian nama jempol, ibu jari atau thumb dalam bahasa Inggris, dikaitkan dengan karakteristik fisiknya. Dalam istilah medis, istilah untuk ibu jari adalah pollex. Penggunaan istilah ibu jari pertama kali digunakan sebelum abad 12, dari Proto-Indo-Eropa.  Thumb (bahasa Inggris) berasal dari kata tum yang artinya membengkak yang kemudian dikaitkan dengan ibu jari yang bengkak.

2. Jari telunjuk/index/pointer finger

Jari telunjuk berasal dari bahasa latin indico yang berarti untuk menunjukkan. Meskipun berada di urutan kedua, telunjuk diyakini merupakan jari pertama yang sering digunakan.

3. Jari tengah

Posisi jari ini tepat berada di tengah tangan, di antara telunjuk dan jari manis. Jari tengah menjadi yang paling tinggi di antara jari yang lain. Makna yang dianggap negatif bila mengacungkan jari tengah merupakan cerita yang berbeda dari sejarah penamaannya.

4. Jari manis atau ring finger

Cincin sering diletakkan di jari manis ini. Dalam istilah medis, jari manis disebut sebagai digitus medicinalis, digitus quartus manus atau digitus annularis manus.  Istilah jari manis berasal dari zaman Mesir kuno abad ke-2. Orang-orang di zaman itu meyakini ada pembuluh darah di jari keempat yang terhubung ke jantung yang disebut sebagai vena kekasih. Keyakinan yang sama juga datang dari Roma bertahun-tahun kemudian. Sebagai tanda pria telah mengikat hati seorang wanita, ia akan bersumpah dan menyematkan cincin di jari manis. Sampai saat ini, praktik tersebut masih dilakukan.

5. Kelingking/pinky finger

Jari kelima dan terkecil adalah kelingking atau digitus minimus manus. Istilah pinkie digunakan oleh orang Skotlandia untuk merujuk pada sesuatu yang kecil.  Sedangkan pink berasal dari istilah Belanda yang berarti kecil.

 

 

 

31
Jul
2020

Categories

Archive