Pertanyaan Seputar Pringsewu Restaurant Group

Bugar Pasca Lebaran dalam Keuangan

Bugar Pasca Lebaran dalam Keuangan
Selepas mudik Lebaran, pasti banyak dana ekstra yang keluar. Tapi tidak jarang juga dana yang keluar jauh dari perkiraan awal.  Hidup tetap harus berjalan setelah Lebaran selesai, kalau sudah demikian bagaimana supaya kehidupan stabil, pulih dan sehat selepas mudik Lebaran? Berikut tips-tipsnya :


1. Dilakukan Pengecekan keuangan kembali
Setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar, hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan pengecekan keuangan kembali. Apakah dana yang dimiliki masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selepas Lebaran? Atau pas-pasan atau justru malah kurang? Berangkat dari sana, nantinya kita bisa menyusun pengeluaran sesuai dengan kondisi keuanganmu yang terkini.
2. Susun rencana pengeluaran
Setelah kita mengecek kondisi keuangan selepas Lebaran, saatnya untuk menyusun rencana pengeluaran. Lihat kembali, mana yang harus diprioritaskan dan mana yang bisa dikurangi. Kontrol pengeluaran seminggu sekali supaya kita bisa mengecek situasi keuangan secara berkala.
3. Batasi pengeluaran harian
Apabila keuangan kita masih aman, maka tak masalah jika kita menggunakan rencana pengeluaran yang sama dengan bulan-bulan sebelumnya. Namun jika kondisi pas-pasan, kita bisa menekan pengeluaran dengan mengurangi sejumlah pengeluaran harian yang bisa dikurangi. Apabila keuangan kita defisit, kita bisa mencoba untuk meminjam dana atau bekerja sambilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Itu dia sejumlah cara untuk memulihkan kembali keuangan kita pasca mudik Lebaran. Semoga kondisi finansial pasca lebaran bisa segera kembali stabil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Chanel Youtube Pringsewu Restaurant Group